Kuliner khas daerah memang sangat menyenangkan untuk dicoba satu per satu , mulai dari Sunda, Jawa, Makassar, Aceh, Lombok, Padang dan berbagai daerah lainnya di Indonesia, berikut ini adalah berbagai tempat makan di Jakarta Selatan yang bisa Anda jadikan alternatif untuk menikmati berbagai kuliner khas daerah.

1. Pendopo Kemang

Setelah Restaurant Remboelan dan Gula Merah yang bisa Anda datangi untuk menikmati berbagai sajian khas daerah Jawa, resto berikut juga bisa dijadikan alternatif untuk memuaskan rindu akan kampung halaman. Namanya Pendopo Kemang, terletak di Jalan Kemang Selatan No.11, Jakarta Selatan. Yang menarik dari resto ini selain kulinernya yang istimewa adalah bangunan, suasana serta kenyamanan yang bisa dinikmati. Mulai masuk resto ini Anda akan benar – benar merasakan suasana tradisionalnya, 3 buah bangunan joglo akan menjadi tempat untuk menikmati berbagai sajian, selanjutnya suasana sangat sejuk dengan pepohonan yang rimbun, dan saat masuk kedalam joglo anda akan menemukan kursi – kursi kayu, lampu antik serta pilar – pilar yang tinggi dan membuat Anda benar – benar merasa berada di dalam rumah asli Jawa.

Menu spesial yang harus Anda coba nikmati adalah nasi Gurih Bebek dan Nasi Langginya. Nasi gurih bebeknya, bebek goreng disajikan bersama kering tempe, kering kentang, urap dan dua jenis sambal. Saat disantap, bebek gorengnya begitu gurih, beraroma jahe, penuh bumbu, empuk dan tidak bau amis. Disantap bersama urap yang terdiri dari daun bayam, kol, wortel dan tauge yang masih segar. Dan untuk tambahan pedasnya sambal siap untuk memuaskan para penikmat pedas, sajian ini cocok untuk semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa.

2. Rumah Makan Seulawah

Sajian khas Aceh memang spesial, dari bumbu sampai penyajiannya juga istimewa, dan Anda tidak perlu datang jauh – jauh ke sana untuk menikmatinya, karena di daerah Jakarta sudah banyak rumah makan yang menyajikan masakan ini. Namun yang spesial adalah Rumah Makan Seulawah, rumah makan yang terletak di Jalan Bendungan Hilir Raya No.8, Jakarta Selatan ini termasuk yang populer bagi pecinta kuliner. Meski rumah makan sederhana, namun menu yang ditawarkan cukup lengkap, seperti nasi briyani sampai ayam tangkap khas Aceh.

Selain nasinya sendiri yang langsung di dari India, yang butiran – butiran berasnya mencapai 17 milimeter dan mempunyai kualitas yang sangat baik saat dimasak, lembut saat dilahap, selain itu bumbu – bumbu khasnya akan menggoyang lidah anda, dimasak menggunakan minyak samin dan bumbu kambing, serta disajikan dengan kari dan acar, tentunya mantab untuk disantap.

3. Rumah Makan Laksana

Jika kangen masakan Sunda, tidak perlu jauh – jauh ke Jawa Barat. Di Jakarta Anda bisa menemukan rumah makan yang menyajikan sajian dari sana. Namanya Rumah Makan Laksana, tempatnya terletak di Jalan Wijaya VII No. 1 Melawai, Jakarta Selatan. Merupakan rumah makan khas Sunda yang tak perlu dipertanyakan lagi kualitasnya, pasti memuaskan. Saat masuk ke rumah makan ini pengunjung akan melihat beragam kuliner yang menggugah selera, sejatinya sendiri resto tersebut sudah legendaris di Bandung, dan yang di Jakarta Selatan ini merupakan cabangnya, namun walau sekedar cabang, Rumah Makan Laksana yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kualitas kulinernya.

Lebih menarik lagi jika bersantap rame – rame di sini, pasalnya Rumah Makan Laksana terdapat meja makan yang besar, jadi bisa menampung banyak makanan. Untuk menunya, Anda bisa mencoba daging gepuk (empal), tempe goreng sop buntut, ikan asin jambal roti, pepes tahu, pepes oncom, perkedel jagung, ayam goreng, anek sajian ikan yang diberi bumbu khas, dan masih lagi.

4. Dapur Solo

Sajian khas Jawa memang spesial, sederhana namun rasa dan kualitasnya mampu memanjakan lidah orang yang menyantapnya. Hal itulah yang coba ditawarkan Dapur Solo. Rumah makan ini terletak di Jalan Panglima Polim I No.95, Jakarta Selatan. Semua sajian khas Jawanya sangat cocok untuk Anda nikmati bersama keluarga, bukan hanya nasi rawon dan nasi langgi, tapi disini juga bisa menemukan kuliner Jawa yang lumayan komplit, selain itu ada jajanan tradisional pula. Bagi pecinta kuliner atau Anda warga Jawa (Jateng dan sekitarnya) yang sedang berada di Jakarta, jika kangen masakan kampung halaman harus datang ke restoran yang satu ini, pasti kerinduan Anda akan terbayar lunas.

Berbagai menu yang bisa ditemukan di Dapur Solo mulai dari nasi langgi spesial, nasi langgi kuning, nasi gudeg Jogja, nasi usap Solo, nasi pecel Madiun, nasi liwet Solo, nasi timbel Sunda, gado – gado, lontong Solo, selat Solo, sop buntut, pindang Bandung, asem asem iga, rawon komplit, soto ayam dan bakwan Surabaya. Tapi yang menarik jika Anda orang Jakarta yang berwisata kuliner di Dapur Solo ini jangan sampai melewatkan gudeg Jogjanya yang benar – benar mantab, bahkan di kota asalnya, makanan yang satu ini menjadi favorit para wisatawan asing.

5. Marco’s Bofet

Padang, daerah yang satu ini memang terkenal dengan hidangannya yang menggugah selera dan pastinya mempunyai kualitas yang bisa memanjakan lidah. Sekarang Anda tak perlu khawatir jika ingin menikmati masakan khas Sumatera Barat, sebab sudah banyak tempat makan yang menyajikannya. Yang paling istimewa adalah Marco’s Bofet, rumah makan ini terletak di Setiabudi One, 1st Floor, Jalan H.R Rasuna Said Kav. 62 , Kuningan, Jakarta Selatan. Untuk interiornya, resto ini mempunyai desain minimalis dengan berbagai hiasan dinding berupa foto – foto suasana kota Padang dan berbagai pernak pernik seperti teko bercorong yang terbuat dari kuningan dan masih banyak lainnya, tentunya akan menambah rasa nyaman saat bersantap di tempat ini.

Sajian Padang ditempat ini menarik untuk dicoba, salah satu menu unggulannya ialah rendang hitam. Sajian yang satu ini harus Anda coba, hitamnya rendang memang menjadi ciri khas Bukittinggi, saat disantap dagingnya empuk dan gurih, lezat sekali.

6. Puang Oca

Bagi penggemar kuliner khas Makassar terutama seafoodnya, ada satu tempat makan yang harus didatangi, namanya Puang Oca. Resto yang terletak di Jalan Gelora Senayan, Jakarta ini terkenal dengan sajian makanan laut Sulawesi Selatan yang memanjakan lidah. Bagaimana tidak ? Berbagai jenis ikan khas Makassar langsung didatangkan dari daerah asal, seperti ikan kakatua, kudu – kudu, baronang, ikan sukang dan ikan kuwe, dan tidak ketinggalan udang serta kepitingnya. Meski terbilang masih baru, resto yang satu ini tidak diragukan lagi kualitas kulinernya, harus Anda coba. Pelayanannya sangat baik ditambah dengan kapasitas resto yang bisa menampung sekitar 160 orang. Rumah makan ini sangat cocok untuk makan bersama keluarga besar dan teman – teman. Tersedia juga tempat meeting dan privasi room.

Menu yang jangan sampai Anda lewatkan adalah tahu goreng puang oca. Tahu yang satu ini memang spesial, disajikan dengan sambal merah tanpa terasi, di dalam tahu terdapat berbagai macam isian yang menarik, mulai dari cincang wortel, daun bawang, udang galah, saat disantap gurih dan ramai rasanya.

7. Pondok Sekarbela

Penikmat pedas, puaskan lidah Anda di resto yang satu ini, Pondok Sekarbela. Resto yang terletak di Jalan Suryo No.54, Senopati, Jakarta Selatan menyajikan berbagai kuliner khas Lombok yang terkenal pedas. Bagi para pecinta kuliner tentu sangat menarik menikmati masakan khas seperti ini.

Banyak pilihan makanan, salah satu unggulan adalah ayam plecing. Menu yang satu ini dilengkapi dengan plecing kangkung yang bisa dipesan untuk pelengkap, ayamnya dilumuri bumbu yang gurih beraroma, ditambah dengan irisan jeruk nipis, lalapan, saat disantap daging ayamnya begitu empuk, bumbunya meresap sampai kedalam, bumbu plecingnya begitu berasa sampai membuat lidah bergoyang pastinya. Menariknya setiap menu ayam yang ada di sini bisa dipesan dalam 1 ekor ayam ataupun ½ ekor, bagi Anda yang datang bersama keluarga pastinya 1 ekor ayam bisa disantap beramai – ramai. Selain ayam plecing, Anda juga bisa menemukan ayam seraten yang tak kalah mantabnya.

Hoterl terdekat :

- Atlet Century Park Hotel

- Harris Suites fX Sudirman

- The Bellezza Suites

Peta Lokasi :
View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan khas jakarta
  • wisata kuliner pedas dijakarta
  • kuliner khas jawa
  • kuliner daerah di jakarta
  • restoran masakan jawa di jakarta
  • rumah makan jawa di jakarta
  • tempat makan didaerah south jakarta
  • tempat makan tradisional di kemang
  • tempat usaha makanan di santa jakarta selatan
  • wisata kuliner di jakarta selatan

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,