Jika Anda sedang berada di kota Bandung kemudian diajak oleh teman untuk menikmati Baso Tahu, janganlah berpikir bahwa Anda akan menikmati semangkuk bakso kuah hangat. Kata ‘baso tahu’ dan ‘bakso’ memiliki arti yang sangat berbeda di Bandung. Bakso adalah kuliner yang terbuat dari daging yang digiling dan dibentuk bulat-bulat setelah dibumbui, biasanya dinikmati dengan mie dan kuah panas. Sedangkan baso tahu adalah kuliner yang terbuat dari ikan yang digiling dan telah dibumbui lalu dimasukkan atau disisipkan kedalam tahu. Baso tahu juga dikenal dengan sebutan Siomay.

Baso tahu selain berupa tahu berisi adonan ikan dan telur, biasanya juga dilengkapi dengan siomay-adonan ikan tanpa tahu dan terkadang adonan dibungkus dengan kulit lumpia, kol rebus yang biasanya digulung saat direbus, kentang rebus, telur rebus, dan juga pare atau paria yang terkadang diisi pula dengan adonan ikan. Bumbu yang digunakan dalam kuliner baso tahu hampir sama dengan bumbu yang digunakan pada kuliner siomay. Perbedaan keduanya adalah pada rasa pedas. Pada siomay, rasa pedas didapatkan dari tambahan sambal atau saos pedas, sedangkan rasa pedas pada bumbu baso tahu berasal dari bumbu kacang itu sendiri. Bumbu kacang baso tahu memang dibuat cukup pedas sehingga tidak memerlukan tambahan sambal lagi.

Banyak penjaja baso tahu yang dapat Anda temukan di Bandung, namun penjaja baso tahu yang paling kondang adalah Baso Tahu Tulen. Jika hanya dilihat sekilas dari tampilannya, tahu baso ini akan tampak biasa saja dan sama seperti baso tahu pada umumnya, namun jika Anda perhatikan lagi, terdapat sebuah perbedaan disana. Telur yang digunakan bukan berupa telur rebus biasa, namun adonan ikan yang digunakan sebagai pengisi tahu melekat pada telur. Keistimewaan Baso Tahu Tulen lainnya bisa Anda temukan ketika menyantapnya. Tahu Baso Tulen tidak pelit dalam menggunakan ikan untuk campuran baso tahunya, sehingga rasanya begitu kuat. Bumbu kacangnya pun spesial karena kental dengan kacang yang tidak digiling halus, ditambah lagi rasa pedasnya sangat terasa. Satu buah baso tahu dijual dengan harga sekitar Rp3.500,-.

Untuk dapat menikmati Baso Tahu Tulen, Anda bisa mengunjungi  pusatnya yang berada di Jl. Situ Indah No.4 Pagarsih Barat, atau cabangnya yang berada di Jl. Buah Batu, Jl. Sadewa, Jl. Setiabudi ataupun di Rest Area Tol Pasteur. Baso Tahu Tulen ini dapat Anda nikmati mulai pukul 09.00 hingga pukul 19.00 WIB setiap harinya.

How to get there:

  1. Angkot : Anda dapat menggunakan angkot jurusan Abdul Muis– Elang berwarna Hijau- Oranye dari terminal Kebon Kelapa, atau sebaliknya. Turun di Jl. Pagarsih
  2. Taxi

Kuliner lain yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Lomie Imam Bonjol, Steik Batu, dan Sate Hadori.

Hotel terdekat adalah Grand Royal Panghegar Hotel, New Naripan Hotel dan Vue Palace Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Incoming search terms:

  • baso tahu
  • resep baso tahu bandung
  • resep bakso tahu
  • cara membuat bakso tahu
  • resep baso tahu tulen
  • bumbu baso tahu
  • resep bumbu baso tahu
  • baso tahu bandung
  • resep bumbu kacang baso tahu
  • baso

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,