Kalau Solo dan Yogyakarta memiliki kuliner Nasi Kucing dan Sego Macan, Bandung juga punya kuliner unik yang bernama Nasi Kalong. Disebut Nasi Kucing karena ukurannya yang sedikit sepereti porsi makanan kucing, sedangkan dinamakan Sego Macan karena ukuran porsinya lebih besar dari pada porsi nasi kucing. Bagaimana dengan Nasi Kalong?

Asal mula diberi nama Nasi Kalong adalah karena nasi ini dijual pada malam hari dan tentu saja pembelinya adalah orang-orang yang masih melakukan aktivitas pada malam hari. Orang-orang inilah yang dianalogikan sebagai kalong atau kelelawar. Jadi Nasi Kalong adalah nasinya orang-orang yang masih beraktivitas dimalam hari.

Kedai Nasi Kalong berada di Jl. Riau atau Jl. RE. Martadinata No.102 Bandung., tepatnya berada di pelataran parkir Emporium FO. Kedai ini buka mulai pukul 19.00 hingga 02.00 WIB setiap harinya.

Nasi Kalong merupakan kuliner sehat, karena menggunakan beras merah sebagai nasinya. Nasi merah ini bukan sekedar nasi merah biasa karena nasi merah ini sudah diberi bumbu terlebih dahulu sehingga rasanya bisa diterima oleh masyarakat. Salah satu bumbu yang dicampurkan adalah kluwak, sehingga nasi ini tidak lagi berwarna merah, namun berubah menjadi hitam.

Menu-menu yang ditawarkan selalu berubah mengikuti perkembangan musim. Lauk yang di tawarkan berjumlah lebih dari 20 macam lauk, mulai dari Ayam Kalong, Ayam Gule, Ayam Goreng Madu, Dendeng Ayam, Tahu Bumbu Kuning, Tahu Kecap, Tempe Kedot, Telor Prudul, Otak-otak Ranjau, Abon, Udang Kremes, Rolade  Sapi, Jambal Roti, Ikan Teri, Kering Tempe, hingga Kripik Kulit. Tersedia pula Tumis Buncis dan aneka tumisan lainnya serta berbagai pilihan sambal. Menu yang menjadi  andalan kedai makan ini adalah Tumis Buncis dan Ayam Goreng Madu.

Konsep kedai makan ini adalah prasmanan sehingga Anda bebas memilih sendiri menu yang Anda inginkan. Di ujung meja prasmanan sudah menunggu kasir yang siap menghitung  jumlah uang yang harus Anda bayarkan. Untuk setiap porsi menu yang Anda ambil akan dikenai harga mulai dari Rp. 6.000,-.

How to get there:

  1. Angkot : Anda dapat menggunakan angkot jurusan Abdul Muis – Dago  berwarna hijau-oranye dari Terminal Kebon Kelapa, ataupun sebaliknya naik dari Terminal Dago, turun di Emporium FO.
  2. Taxi

Kuliner malam  yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Kedai Aceh Cie Rasa Loom, Warung Ceu Mar, dan Ronde Alkateri.

Hotel terdekat adalah Hotel Trio, Endah Parahyangan Hotel dan Grand Preanger Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

 Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kuliner malam bandung
  • kuliner malam di bandung
  • nasi kalong bandung
  • nasi kalong
  • kuliner bandung malam
  • wisata kuliner malam bandung
  • wisata kuliner malam di bandung
  • kuliner malam
  • makan prasmanan murah di jogya
  • nasi kalong di bandunG

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,