Jika Anda sedang berada di Kota Solo, cobalah untuk menyempatkan diri ke daerah Sukoharjo, dijamin Anda tidak akan menyesal. Di Jl. Jaksa Agung R. Suprapto No. 8, Sukoharjo, Solo, terdapat sebuah warung makan yang terkenal dengan ayam gorengnya.

Warung Ayam goreng Mbah Karto, itulah namanya. Warung makan ini menempati sebuah rumah Jawa berbentuk limasan dengan dinding gebyok lebar dan pendopo yang luas,  yang disulap menjadi warung. Warung makan ini terlihat sangat sederhana, di dalamnya hanya berisi meja kursi panjang yang tertata rapi. Warung ini sangat ramai, terutama pasa jam makan siang. Karena lokasinya yang berada di pinggir jalan dan berhadapan dengan kantor PLN Sukoharjo, banyak pengunjungnya yang merupakan pegawai kantor PLN tersebut. Walaupun warung makan ini selalu ramai, namun Anda akan tetap merasa nyaman berada di sana karena warung ini cukup besar.

Menu andalan warung makan ini tentu saja adalah ayam gorengnya. Ayam yang digunakan adalah ayam kampung muda atau disebut juga ayam kampung kemanggang. Karena yang digunakan adalah jenis ayam kampung, maka ukuran ayam goreng ini pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan ayam goreng yang menggunakan ayam potong.

Rasa ayam goreng ini sangat gurih, dagingnya padat dan empuk. Tidak seperti ayam goreng pada umumnya yang ayamnya diolah bacem terlebih dahulu, Ayam Goreng Mbah Karto hanya diungkep dengan dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana, sehingga cita rasa ayamnya kalah oleh rempah-rempah. Rasa ayam goreng ini cenderung sedikit asin.

Warna ayam goreng ini kuning kecoklatan, rasanya sangat gurih dan cenderung asin, sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat, lalapan,dan sambal. Sebagai penutup, segelas es teh manis akan menambah kenikmatan santap siang Anda.Sambal yang disedikan terdiri dari dua macam sambal yaitu sambal bawang mentah dan sambal dengan bahan dasar kemiri. Sambal bawangnya sangat pedas, sedangkan sambal kemirinya cenderung manis.

Warung Ayam Goreng Mbah Karto buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB. Harga satu porsi ayam goreng lengkap mulai dari Rp10.000,-.

How to get there:

  1. Taxi

Kuliner Solo yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Dawet Bu Dermi, Kuliner Klasik Solo dan Selat Solo Mbak Lies.

Hotel yang dapat dinajdikan tempat beristirahat adalah Solo Paragon Hotel & Residences, Hotel Baron Indah dan Riyadi Palace Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • ayam goreng mbah karto
  • wisata kuliner sukoharjo
  • ayam goreng kampung
  • ayam goreng mbah karto sukoharjo
  • ayam kampung goreng
  • cara membuat ayam goreng mbah karto

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,