Satu lagi kuliner khas Solo yang tidak boleh Anda lewatkan jika sedang singgah di kota Solo, kuliner ini adalah Selat Solo. Selat Solo berasal dari kata Slatjee yang merupakan bahasa Belanda yang berarti Salad, sedangkan Solo adalah nama kota dimana selat tersebut berasal. Seperti salad yang berisi aneka sayuran, Selat Solo pun demikian. Dalam satu porsi Selat Solo berisi  potongan kentang, wortel, buncis, telur dan daun selada, serta daging sapi, dilengkapi dengan saus mayones dan disiram dengan kuah.

Penjual Selat Solo yang paling terkenal adalah Mbak Lies. Warung Selat Mbak Lies berada di Jl. Serengan Gang II No.42 Solo. Untuk Anda yang belum hafal daerah Solo mungkin akan kesulitan mencari warung ini karena lokasinya yang masuk kedalam gang.

Warung Selat Mbak Lies menyediakan dua macam Selat Solo yaitu Selat Bestik dan Selat Galantin. Pada dasarnya kedua selat tersebut memiliki isi yang sama, yang membedakan kedua selat tersebut adalah daging, telur  dan kuahnya.

Satu porsi Selat Bestik berisi sayuran, daging sapi yang dimasak bestik, telur pindang, irisan timun, dan bawang bombay, mayonaise, dan keripik kentang, lalu disiram dengan kuah. Kuah Selat Bestik lebih encer dan segar dibanding dengan selat galantin.

Satu porsi Selat Galantin berisi sayuran, galantin atau cacahan daging sapi yang dibumbui lalu dipadatkan, telur kukus yang dicetak dengan beragam bentuk,  irisan timun dan bawang bombay, serta saus mayonaise jawa, lalu disiram dengan  kuah yang  lebih kental.

Selain menawarkan menu Selat, Warung Selat Mbak Lies juga menawarkan beragam masakan lainnya seperti Gado-gado, Sup Manten, Timlo, dan Tahu Acar. Harga makanan di Warung Selat Mbak Lies mulai dari Rp7.000,- hingga Rp9.500,-.

Warung Selat Mbak Lies buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga pukul 17.00 WIB. Namun jika Anda datang sebelum pukul 10.00 atau setelah pukul 17.00 WIB, Anda masih bisa dilayani dengan catatan masakan sudah siap bila pagi hari dan masih ada bila sore hari.

How to get there:

  1. Bus :  Anda dapat menggunakan bus Damri B dari terminal Kartosuro, turun di Singosaren Plaza, diteruskan dengan becak
  2. Trans Solo :  naik dari shelter Pasar Gede, turun di shelter Koramil Serengan, lalu naik becak
  3. Becak : dari Singosaren Plaza
  4. Taxi

Kuliner lain yang dapat Anda kunjungi  adalah Tengkleng Pasar Klewer, Soto Triwindu, dan Sate Buntel Pak Bejo.

Hotel terdekat adalah Hotel Indah Palace, Best Western Premier Hotel dan Hotel Baron Indah.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • selat solo mbak lies
  • wisata kuliner solo
  • selat solo
  • salad solo
  • salad solo mbak lies
  • selat galantin
  • Kuliner solo 2013 murah dengan harga
  • resep selat solo mbak lies
  • selat solo di semarang
  • warung salad jogja

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,