Kawasan yang satu ini sudah sangat terkenal di Semarang, selain tentu saja Simpang Lima. Jalan ini merupakan salah satu cabang dari Simpang Lima yang menjadi landmark kota Semarang. Jalan Pandanaran adalah jalan yang penuh dengan para pedagang yang menawarkan oleh-oleh khas kota Semarang, dalam hal ini makanan.

Di jalan sepanjang kurang lebih 2 kilometer ini, Anda dapat menemukan berbagai macam makanan khas Semarang yang biasanya dijadikan oleh-oleh bagi para pelancong yang kebetulan mengunjungi kota Semarang. Ada banyak sekali toko makanan yang berderet di sepanjang jalan, dan tidak kalah para pedagang yang menjajakan makanannya dengan gerobak. Di sepanjang jalan ini, Anda dapat menemukan makanan khas Semarang yaitu loenpia (lumpia), wingko babat, kue moci, dan tidak ketinggalan bandeng presto, khususnya bandeng Yuwono (salah satu daerah di utara Semarang yang menghasilkan banyak hasil laut).

Di jalan Pandanaran ini Anda dapat menikmati aneka macam loenpia, baik kering maupun basah (belum digoreng). Di sini Anda dapat menemukan aneka jenis loenpia, seperti loenpia udang, loenpia ayam, loenpia daging, dan masih banyak lagi. Tentu saja semua loenpia tersebut menggunakan rebung sebagai bahan utamanya. Untuk harga, Anda juga dapat menjumpai loenpia mulai dari yang seharga Rp 4000,- sampai dengan yang seharga Rp 12.000,-; sedangkan untuk rasa tidak berarti loenpia dengan harga murah otomatis rasanya tidak enak. Meskipun loenpia yang ditawarkan memang lebih murah harganya, untuk rasa bisa dikatakan tidak mengecewakan. Namun, loenpia yang ditawarkan dengan harga tinggi memang menawarkan rasa khas yang tidak tergantikan.

Demikian pula dengan wingko babat. Anda dapat menemukan berbagai jenis wingko babat di sepanjang jalan Pandanaran. Hampir di setiap toko Anda dapat menemukan wingko babat di etalase mereka. Bukan hanya di toko saja, di sepanjang jalan, Anda dapat menjumpai pedagang wingko babat dengan menggunakan sepeda, gerobak, atau yang menjajakan dagangannya sembari menghampiri para pembeli. Anda tinggal memilih mana yang sesuai dengan budget Anda.

Satu lagi makanan yang hampir selalu menjadi oleh-oleh wajib bagi mereka yang pulang dari Semarang adalah bandeng presto. Di sini Anda dapat menemukan beraneka jenis bandeng dengan beragam ukuran dan harga. Sekali lagi, Anda tinggal menentukan berapa budget yang Anda punya untuk mendapatkan bandeng yang Anda sukai.

Kuliner lain yang perlu Anda coba adalah Simpang Lima, Rumah Makan Mbah Jingkrak, dan Tahu Gimbal.

How to get there:

  1. Jalan Kaki : dari Simpang Lima, ambil jalan keluar ke arah barat daya. Itu adalah Jl. Pandanaran.
  2. Angkot/bis : naik angkot/bis dari Simpang Lima ke arah Tugu Muda. Sepanjang jalan yang dilalui adalah Jl. Pandanaran.

Hotel terdekat adalah Pandanaran Hotel, Hotel Santika Premiere Semarang dan Hotel Ciputra Semarang.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • jalan pandanaran semarang
  • Makanan khas kota semarang
  • jajanan khas semarang
  • masakan khas semarang
  • kue mochi semarang
  • pandanaran semarang
  • jalan pandanaran
  • harga kue moci semarang
  • moci semarang
  • bandeng presto pandanaran semarang

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,