Selain Loenpia, Tahu gimbal dan Pisang plenet, kuliner Semarang yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Nasi Ayam. Nasi Ayam merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Nasi Ayam Semarang bukanlah nasi dan ayam goreng pada umumnya, melainkan nasi yang lengkap dengan sayur dan lauk pauknya yang khas berupa suwiran ayam. Jika dilihat sekilas, Nasi Ayam Semarang mirip dengan Nasi Liwet Solo, namun keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan keduanya terletak pada kuah dan telur yang digunakan. Nasi Liwet Solo menggunakan areh putih yang kental dan telur rebus, sedangkan Nasi Ayam Semarang menggunkan kuah opor dan telur bacem.

Nasi Ayam Semarang lahir dari tangan seorang wanita bernama Satinem. Ibu Satinem ini berasal dari Karang koja, maka nasi ayam buatannya dikenal dengan nama Nasi Ayam Karang Koja. Nasi Ayam Karang Koja memiliki cita rasa yang manis dan asin. Satu porsi Nasi Ayam Karang Koja berisi nasi liwet, suwiran ayam, telur bacem, dan sambal goreng jipang, lalu disiram dengan kuah opor dan disajikan dengan menggunakan daun pisang. Untuk lauk pendamping, biasanya disediakan sate ayam, sate usus, sate telur puyuh, tahu goreng dan kerupuk.

Nasi Ayam sangat digemari oleh masyarakat karena harganya yang murah dan rasanya yang lezat. Anda bisa menemui banyak penjaja nasi ayam di Semarang, namun jika Anda ingin merasakan nasi ayam asli ciptaan Ibu Satinem, Anda bisa mendatangi warungnya yang berada di Jl. K.H. Ahmad Dahlan, Semarang, tepatnya di depan RS Telogorejo di kawasan Simpang Lima Semarang. Warung ini dikelola oleh Rumanto yang merupakan menantu Ibu Satinem, dan resep yang digunakan merupakan resep asli dari Ibu Satinem.

Satu porsi Nasi Ayam Semarang dipatok dengan harga Rp5.000,-, sedangkan untuk lauknya, harga mulai dari Rp1.000,- hingga Rp3.000,-.

How to get there:

  1. Jalan Kaki : dari Simpang Lima, ambil jalan keluar ke arah tenggara menuju Jl. K.H. Ahmad Dahlan
  2. Taksi

Tempat kuliner lain yang layak Anda kunjungi adalah Warung Semawis, Gulai Kepala Kakap, dan Es Conglik.

Hotel terdekat adalah Hotel Santika Premiere Semarang, Hotel Ciputra Semarang dan Hotel Santika.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep nasi ayam semarang
  • resep nasi ayam khas semarang
  • nasi ayam semarang resep
  • resep nasi liwet semarang
  • nasi ayam semarang di jakarta
  • resep nasi liwet solo komplit
  • menu warung masakan jawa
  • nasi komplet khas semarang
  • perbedaan nasi liwet solo dan nasi ayam semarang

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,