Kalau berbicara tentang serabi, kebanyakan dari kita akan berpikir tentang serabi Solo, serabi Bandung, atau serabi-serabi yang lain. Mungkin tidak terbersit di benak Anda kalau di kota Palagan, Ambarawa, Anda juga dapat menjumpai serabi dan menikmati keunikan rasanya.

Jika Anda kebetulan sedang dalam perjalanan dari Semarang ke Jogja, atau sebaliknya, ada baiknya Anda mengamati daerah di Kecamatan Ambarawa yang bernama Ngampin. Di daerah ini, Anda dapat menjumpai deretan pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Mereka menempati lapak-lapak sederhana yang terbuat dari papan dengan ukuran sekitar 1,5m x 1,5m. Para pedagang ini menjajakan dagangan mereka yang berupa serabi.

Serabi yang ada di Ambarawa ini berbeda dari serabi-serabi lainnya. Pada umumnya, serabi adalah kue tradisional terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak di atas tungku, dengan cara digoreng dengan minyak yang hanya dioleskan di atas sebuah penggorengan mungil dari tanah liat. Rasa serabi ini campuran antara manis dan gurih, dengan dominasi rasa manisnya. Namun, serabi Ambarawa ini sedikit berbeda. Untuk cara memasak serabinya memang tidak ada perbedaan, tetapi untuk penyajiannya yang sedikit berbeda. Rasa dari serabi ini cenderung gurih, namun di sini Anda dapat menikmati rasa manis dari juruh yang ditambahkan dalam satu porsi serabi. Juruh  adalah gula jawa yang dicairkan. Perpaduan antara juruh dengan santan inilah yang membuat cita rasa serabi Ambarawa ini sangat berbeda. Apabila Anda tidak begitu suka manis, Anda hanya perlu sedikit menyertakan juruh dalam setiap suapan Anda.

Perpaduan rasa serabi yang gurih dengan juruh yang manis ini memberikan cita rasa yang unik dan khas. Inilah yang membuat banyak pelancong dari luar kota yang selalu meluangkan waktu untuk mampir sejenak ke warung-warung serabi yang ada di daerah Ngampin, Ambarawa ini. Warung sederhana yang ada di pinggir jalan ini ternyata menyimpan cita rasa yang sangat istimewa.

Meskipun warung-warung ini berada di pinggir jalan, Anda tidak perlu terlalu risau dengan kebersihan serabi yang dihidangkan. Para pedagang di sini mempunyai cara yang cukup jitu untuk menjawab keresahan para pembeli yang sekaligus pelanggan mereka. Para pedagang serabi menyediakan plastik untuk menutup serabi-serabi yang sudah matang sehingga makanan terserbut tidak tercemari oleh asap kendaraan yang memang ramai berlalu-lalang di jalan ini. Untuk lebih dapat menikmati cita rasanya yang khas, sebaiknya Anda mencicipi makanan ini di tempat sehingga Anda dapat menyantap serabi selagi hangat yang bercampur dengan harumnya juruh dan santan.

Untuk harganya, makanan ini termasuk makanan yang dengan harga yang sangat terjangkau. Satu serabi berharga sekitar Rp 1500,00. Jadi kalau Anda masih belum puas, Anda dapat membelinya untuk dibawa pulang sekaligus sebagai oleh-oleh.

How to get there:

  1. Angkot : Naik angkot jurusan Ambarawa – Bedono. Turun di Ngampin.
  2. Bis : Naik bis jurusan Semarang – Jogja. Turun di Ngampin.

Tempat kuliner lain yang harus Anda kunjungi adalah gecok Tlogo, Tahu Serasi, dan Gudeg Merakmati.

Hotel terdekat adalah Hotel terdekat adalah Grasia Hotel, Hotel Ciputra Semarang dan Hotel Santika.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep serabi ambarawa
  • serabi
  • resep kue serabi tepung beras
  • cara bikin kucur
  • serabi kucurk ambarawa
  • serabi kucur tahan
  • serabi jawa tengah
  • resepserabi ngampin
  • resep terbaik surabi
  • resep serabi jawa

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,