Sebelum piring ditemukan, orang-orang di nusantara sudah terlebih dahulu menggunakan gerabah, keramik, dan juga daun sebagai alas makan. Pada jaman feodal, ketika para bangsawan dan tuan tanah menggunakan keramik sebagai alas makannya, rakyat kebanyakan belum mampu membeli alas makan seperti itu. Mereka menggunakan gerabah sebagai alas makan karena itu yang dapat mereka beli atau mereka buat sendiri.

Jika Anda sedang berada di Solo dan ingin menikmati bersantap sambil mengenang masa lalu dengan cita rasa kesederhanaannya, Anda dapat mencoba Soto Gerabah. Soto ini disebut sebagai soto gerabah karena disajikan di dalam sebuah mangkuk yang terbuat dari gerabah. Selain mangkuknya yang tradisional, soto gerabah juga memberikan sentuhan tradisional pada sendoknya. Sendok yang dipergunakan bukanlah sendok besi tetapi sendok yang terbuat dari sendok yang dibuat dari kreasi batok kelapa.

Cita rasa tradisional ini langsung dapat Anda temukan ketika Anda melihat rumah makan yang dindingnya terbuat dari bambu dan atapnya dari jerami. Alunan musik gamelan yang menyambut Anda ketika memasuki rumah makan ini, menambah suasana tradisional terasa semakin kental. Kesederhanaan semakin terasa dengan adanya pikulan yang dijadikan sebagai tempat meletakkan kuah soto dan meraciknya. Di belakang pikulan, terdapat deretan gerabah yang disusun rapi di atas rak kayu. Ternyata kehadiran semua barang tradisional ini memang suatu hal yang disengaja oleh sang pemilik. Alasannya, selain untuk melestarikan budaya Jawa, penggunaan barang-barang ini  pun dapat membantu para pedagang gerabah yang sekarang semakin terpinggirkan oleh barang-barang modern yang tampil lebih cantik. Namun, sang pemilik juga mempunai alasan kuat untuk menggunakan gerabah, yaitu karena gerabah tidak menggunakan pewarna sehingga aman bagi kesehatan.

Ketika semangkuk soto gerabah datang, Anda akan langsung menikmati aroma yang membuat perut Anda tidak berdaya. Aromanya sangat segar, dengan kuah bening yang ditaburi dengan bawang putih. Ketika Anda mulai mencicipinya, Anda akan semakin merasa ketagihan untuk menikmati sendokan kedua, ketiga, dan seterusnya. Anda dapat menikmati soto dengan ditemani aneka lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, sate telur, keripik paru, dan masih banyak lagi. Jika Anda memesan teh, Anda juga akan menikmati cita rasa teh yang segar karena dalam segelas teh, yang juga tersaji dalam gelas gerabah, Anda akan menjumpai sebatang sereh yang digunakan untuk mengaduk teh. Tersedia juga aneka minuman tradisional lainnya, seperti beras kencur, kunir asam, dan lain-lain.

Soto Gerabah dapat Anda kunjungi di Jl. Prof. Dr. Soepomo No.57 Pasar Beling, Solo.

Info pengunjung:

-          Menu makanan selain soto juga tersedia di sini.

-          Ada fasilitas free hotspot di sini.

-          Tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00 sampai pukul 21.00.

-         Harga soto berkisar Rp7.500,- Minuman mulai dari Rp3.500,- Lauk pauk mulai dari Rp1.000,-

Harga tersebut diatas adalah harga update tanggal 8 Januari 2013. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi.

Kuliner lain yang dapat Anda kunjungi : Es Potjong, Tahok Pak Citro, dan Shi Jack Susu.

Hotel terdekat antara lain : Solo Paragon Hotel & Residences, Sahid Jaya Solo Hotel, dan Griya Teratai Hotel.

How to get there:

  1. Bus : Anda dapat menggunakan bus ATMO atau Surya A, turun dipertigaan Jl. Yosodipuro-Jl. Soepomo, lalu berjalan kearah utara sejauh 50 meter.
  2. Taksi : Kosti Solo (0271) 856300 dan Solo Sentral (0271)728728

Map

Lihat Peta Lebih Besar

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • soto gerabah solo
  • soto gerabah
  • aneka gerabah tempat makanan
  • SOTO GERABAH SOLO BUKA JAM
  • rumah makan terbuat dari bambu
  • rumah bambu solo
  • jual pikulan soto kwali
  • harga pikulan soto
  • guyonan jawa
  • aneka kuliner jawa tengah

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,