Solo mempunyai kuliner khas seperti timlo, salad, dan pecelnya. Untuk oleh-olehnya, Serabi Notosuman, intip, dan karak sering menjadi pilihan para pelancong. Namun, selain itu, ada satu lagi oleh-oleh yang menjadi buruan para pelancong yang berkunjung ke kota Solo. Oleh-oleh ini mereka dapatkan dari sebuah toko roti legendaris yang melahirkan sebuah makanan yang masih terkenal sampai sekarang. Toko roti ini adalah Toko Roti Orion, dan makanan yang dipopulerkan adalah Roti Mandarijn.

Toko Orion ini sudah berdiri sejak tahun 1930, jauh sebelum Indonesia merdeka. Pendiri Toko Roti ini adalah Njoo Hong Yauw dan Istrinya Tjan Giok Nio. Mereka mempunyai 5 orang anak, 1 laki-laki dan 4 perempuan. Karena masa awal kehidupan mereka di Hindia Belanda tidaklah mudah, mereka harus kehilangan 3 anak perempuan mereka ketika masih sangat kecil. Namun, kehidupan berubah ketika mereka mulai mendirikan Toko Roti Orion ini. Roti yang menjadi andalan mereka adalah roti mandarijn, Njoo Hong Yauw sendiri yang memberikan nama bagi produknya. Kata mandarijn berasal dari Bahasa Belanda yang berarti Priyayi Cina, dan sampai sekarang nama ini masih terus dipakai secara luas untuk menggambarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Cina.

Sampai saat ini, roti mandarijn buatan Toko Roti Orion masih menjadi oleh-oleh wajib bagi para pelancong yang mengunjungi kota Solo. Sebenarnya Toko Orion tidak hanya menyediakan roti mandarijn saja, namun aneka makanan dan oleh-oleh khas Solo. Aneka roti dan cemilan diproduksi dan dijajakan di sini. Sementara, banyak perajin makanan tradisional menitipkan barang dagangan mereka di tempat ini. Jadi, Anda dapat memilih makanan apa yang ingin Anda bawa sebagai oleh-oleh dari Kota Solo. Meskipun memiliki banyak sekali pilihan makanan, roti mandarijnlah yang tetap menjadi buruan para pelancong. Memang sekarang ini banyak sekali toko roti yang membuat roti mandarijn ini, namun tidak ada yang selembut dan senikmat roti mandarijn buatan Toko Roti Orion.

Toko Roti Orion menawarkan 3 jenis roti mandarijn, yaitu: mandarijn biasa, mandarijn kismis, dan mandarijn spesial. Perbedaan antara mandarijn biasa dan spesial terletak pada bahannya. Mandarijn biasa hanya menggunakan mentega, sedangkan mandarijn spesial menggunakan rumbotter sebagai campuran mentega. Sementara, mandarin kismis adalah mandarin biasa yang ditaburi kismis sampai ke bagian dalam roti. Semua roti ini dikemas dalam box dengan dua ukuran yang berbeda. Ada ukuran kecil (16 x 18 cm) dan ukuran besar (28 x 30 cm). Anda dapat memilih rasa dan ukurang yang paling sesuai dengan selera Anda.

Jika Anda ingin berkunjung di toko roti legendaris ini, silahkan datang ke Jl. Urip Sumoharjo 80, Solo.

Info pengunjung:

-          Toko roti ini buka dari pukul 07.30 sampai pukul 20.00.

-          Harga roti mandarijn berkisar dari Rp52.500,- sampai Rp 115.000

(Harga tersebut diatas adalah harga update Novermber 2012. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi.)

-          Roti mandarijn buatan Toko Roti Orion dapat bertahan hingga 1 minggu.

Kuliner lain yang dapat Anda kunjungi adalah : Ayam & Bebek Goreng Pak Ndut, Oishii Ramen & Sushi Bar, dan Daegu Korean Grill.

Hotel terdekat : Best Western Premier Hotel, Riyadi Palace Hotel, dan Novotel Solo Hotel.

How to get there:

-         Bus : Anda dapat menggunakan bus yang melalui Jl. Urip Sumoharjo, seperti Damri A, Surya Kencana E, Atmo, dan juga Batik Solo Trans.

-          Taksi : Kosti Solo (0271) 856300 dan Solo Sentral (0271)728728

Map

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • roti orion solo
  • toko orion solo
  • toko roti orion
  • roti orion solo harga
  • harga roti orion solo
  • roti orion semarang
  • roti orion mandarin solo
  • soto solo dan minuman
  • toko kue di solo
  • alamat email toko oleh-oleh solo

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,