Anda pasti sudah terbiasa memakan sate ayam ataupun sate kambing, namun sudahkah Anda menikmati sate sapi? Ukuran sate sapi jangan Anda bayangkan seperti sate ayam atau sate kambing, karena potongan dagingnya besar-besar. Di Semarang, Anda bisa menemukan sate sapi di daerah Ungaran. Jika melewati daerah Ungaran Semarang, Anda akan mendapati banyak penjual sate sapi dan sate sapi yang paling terkenal adalah Sate Sapi Pak Kempleng.

Pada awalnya sate sapi Pak Kempleng dijual dengan cara berkeliling keluar masuk gang pada malam hari dan berakhir di alun-alun kota Ungaran. Perintis sate Pak Kempleng adalah Pak Sakimin, nama asli Pak Kempleng. Sepeninggal Pak Sakimin, usaha sate Pak Kempleng sempat terhenti selama dua tahun. Karena sate Pak Kempleng sudah dikenal oleh banyak pelanggan, usaha ini akhirnya diteruskan oleh sang anak yang bernama Sumorejo. Pak Sumorejo juga mengawali kembali  usaha sang ayah dengan berjualan keliling seperti sang ayah. Pada tahun 1986 akhirnya Pak Sumorejo mampu membuka Rumah Makan sate sapi yang sekarang dikelola oleh M. Hamzah, cucu Pak Sakimin.

Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng yang dikelola oleh Pak Hamzah adalah Rumah Makan  Sate Sapi Pak Kempleng pertama, sedangkan Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng yang lainnya merupakan Rumah Makan yang dikelola oleh para kerabat.

Sate Sapi Pak Kempleng menyediakan enam macam jenis sate yaitu sate daging, sate usus, sate ginjal, sate babat, sate paru dan sate kapur atau lemak sapi. Pengunjung boleh memilih sendiri sate yang diinginkan. Bahkan dalam satu porsi pengunjung dapat memilih beberapa jenis sate yang berbeda. Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng I hanya menyediakan menu sate sapi .

Sate Sapi Pak Kempleng memiliki keistimewaan, yaitu tekstur dagingnya yang walaupun berotot  namun lembut dan tidak berlemak karena daging yang digunakan adalah daging khas dalam dan lulur  . Selain itu untuk mengurangi kadar kolesterol pada sate sapi sebelum dibakar  lemak- lemak yang menempel di daging dibersihkan terlebih dahulu. Sate sapi memiliki rasa yang manis, karena sebelum dirangkai menjadi sate, potongan –potongan daging direndam dalam bumbu yang bercampur gula aren, semakin lama potongan daging direndam, semakin meresap bumbu. Sate Sapi Pak Kempleng  selalu berusaha menggunakan daging kualitas terbaik yang didapatkan dari Salatiga.

Sate sapi biasanya disantap dengan lontong dan nasi. Bumbu kacang dan irisan cabe dan bawang merah ditempatkan ditempat yang berbeda, tidak disiramkan ke atas sate. Harga satu porsi sate sapi plus lontong berkisar Rp25.000,-. Sate Sapi Pak Kempleng buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB.

Rumah Makan Sate Sapi Pak Kempleng I beralamatkan di Jl. Diponegoro 265 Ungaran, Semarang.

Kuliner lain yang dapat Anda cicipi di sekitar tempat ini adalah tahu bakso, tahu serasi, dan gudeg Merakmati.

How to get there:

  1. Bis : Anda dapat menggunakan bis jurusan Semarang-Solo, Semarang-Jogja dan turun di Gowongan Ungaran.
  2. Angkutan umum : Anda bisa menggunakan angkutan Semarang – Ungaran, Semarang – Bawen, atau Semarang – Salatiga. Anda bisa berhenti langsung di depan Rumah Makan.

Hotel terdekat adalah Hotel Santika, Hotel Horison Semarang dan Novotel Semarang.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sate sapi
  • resep sate sapi pak kempleng
  • sate kempleng ungaran
  • resep sate sapi pak kempleng ungaran
  • Sate Paru
  • sate pak kempleng semarang
  • kempleng
  • Harga sate sapi
  • resep sate ginjal sapi
  • makan sate

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,